Kamis, 29 Juli 2010

winning 11

WINNING 11
Album gres berisi sebelas lagu istimewa dari Yovie Nuno ini dikerjain dalam rentang waktu yang cukup lama, setengah tahun. Dimulai dari bulan Desember 2009, sampe Mei 2010. Sebenernya, mereka bisa aja ngerjain lebih cepat. Tapi, proses penggarapan album yang cukup lama itu, rupanya berbuntut hikmah. Karena, ada beberapa lagu-lagu asik yang justru baru didapet di bulan-bulan terakhir. Misalnya kayak Manusia Biasa (CLB) yang akhirnya malah didapuk jadi single jagoan pertama di album ini.
Lagu-lagu dalam album yang rilisnya bertepatan dengan masa pertandingan Piala Dunia 2010 ini bercerita seputar cinta yang universal. Lirik-lirik yang romantis, ringan, dan kadang bikin ketawa --khas ciptaannya Yovie Widianto-- masih jadi satu hal yang pasti bakal ditemuin di sini. Ngomongin tentang single jagoan, tadinya, lagu Tak Setampan Romeo berencana bakal dijadiin single yang dirilis pertama. Tapi setelah ngobrol sana-sini sama pihak label, akhirnya diputusin bahwa lagu Manusia Biasa-lah yang rilis duluan.
Bagi Yovie, mau lagu mana pun yang dirilis lebih dulu sebagai single jagoan, nggak ada masalah. Semua sama aja. Karena lagu-lagu di album ini semuanya dibuat dengan tulus. Dengan hati, dan mengalir apa adanya. Meski sederhana, kekuatan lagu-lagu itu terletak pada ketulusan. Itulah yang terpenting. Dan lagu yang rumit, kalau dibikin dengan tulus, tetep bakal enak didengar. Beda dengan lagu yang dibikin penuh rekayasa dan tanpa hati. Mau terdengar rumit atau sederhana sekalipun, karya-karya yang penuh rekayasa semacam itu sama sekali nggak akan bisa menggambarkan kehebatan dari si penciptanya.
Yovie Nuno juga udah nyiapin video klip untuk single Tak Setampan Romeo dan Merindu Lagi. Yang paling mantep, proses pembuatan video klip itu digarap di Eropa sana. Di Belanda, Italia, Perancis dan Belgia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daniel Calvin - Menjadi Milikku