Jumat, 16 April 2010

panduan memilih exhaust harley davidson

INFO : Panduan Singkat Memilih Exhaust

Jumat, 11 Juli 2008 16:56
Banyak pilihan ketika kita akan memodifikasi exhaust (sistem pembuangan) pada motor Harley. Itu semua tergantung pada selera dan keinginan pada masing2 individu. Ada beberapa orang yang memodifikasi Harley mereka dengan exhaust yang baru agar mendapatkan penambahan performa pd Harleynya, selain itu ada juga yang hanya sekedar mengejar tampilan agar Harley mereka terlihat lebih "cool".
    Sebelum kita memutuskan untuk memodifikasi exhaust, kita harus bertanya kepada diri kita sendiri, apakah exhaust tersebut lebih memuaskan kita dari segi performa atau lebih dari segi tampilan. Jika performa jadi tujuan utama, apakah performa maksimal yang dihasilkan lebih ingin terasa di putaran mesin  bawah-menengah atau atas. Exhaust terdiri dari 2 komponen umum yakni header dan muffler (knalpot). Pada prinsipnya ada 3 hal yang berpengaruh pada sistem exhaust, yakni "sonic pulse", "thermal pulse", dan "exhaust gas velocity". Sonic pulse merupakan suatu gelombang yang terjadi pada saluran buang dimana gelombang ini berperan dalam proses pembakaran bensin pada ruang bakar. Thermal pulse hampir sama dengan Sonic pulse, dimana gelombang ini tercipta dari gas panas yang berasal dari katup exhaust. Setelah itu ada Exhaust gas velocity, istilah ini merupakan tingkat kecepatan gas yang melintas melewati saluran buang. Pada dasarnya, kecepatan optimalnya sekitar  300 kaki per menit. Pada Harley standart Kebanyakan menggunakan pipa header berdiameter 1 ¾" untuk mendapatkan exhaust gas velocity yang optimal . Jadi penggunaan pipa header yang lebih besar pada mesin Harley standart  belum tentu lebih baik dari ukuran pipa header bawaan motor standart.
    Ada beberapa jenis exhaust pada Harley yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Antara lain, Short Drag Pipes, Large Diameter Open Pipes, Long Straight Pipes, 2 into 1, True Duals, dan Slip-fit Mufflers. Bagi yang belum tau, disini akan dibahas secara singkat tentang jenis-jenis tersebut.
1. Short drag pipes
    Pada model ini, gelombang sonic dan thermal mempunyai waktu balik yang pendek saat kembali ke ruang bakar dikarenakan panjang pipa yang pendek. Short drag pipes didesain untuk mendapatkan RPM yang tinggi pada mesin Big Twin Harley. Salah satu produsen dari pembuat short drag pipes yang terkenal yaitu Cycle Shack, dimana juga menawarkan 'special baffle' untuk mengoptimalkan performa short drag pipes mereka. Selain Cycle Shack, juga ada Vance&Hines. Pada tipe ini Vance&Hines mengeluarkan 'V&H cruiser pipes', model ini memiliki tampilan yang keren tapi juga dengan performa optimal karena terdapat 'baffle' khusus di dalamnya.
2. Large Diameter Open Pipes
    Konstruksi large diameter open pipes sebenarnya agak menghambat 'flow' karena gas velocity optimal yakni 300 kaki per menit tidak dapat dicapai. Cara alternatif untuk meminimalkan kelemahan tersebut adalah dengan memasang 'large diameter stepped pipes' seperti yang diproduksi oleh Python³ dan Samson. Ada juga dengan cara memasang 'larger baffles' atau 'thunder tubes' yang akan memperbaiki velocity. Cara alternatif yang lain yakni dengan menggunakan 'large flat washer'ke arah ujung pada bodi pipa, perangkat ini berfungsi sebagai 'deflector' untuk mengatur gas velocity.
3. Long Straight Pipes       
    Long Straight Pipes berbentuk pipa panjang, header dan knalpot menyatu. Jika menggunakan jenis ini dengan melepas baffle maka model ini bisa dikategorikan seperti Large/Open Pipes. Melepas baffle pada  knalpot akan membuat deru suara knalpot menjadi tambah kencang tapi tenaga yang keluar agak tertahan. Untuk meminimalisasi kekurangan ini, beberapa produsen seperti Python³, Samson, Vance & Hines, Dyno Power, and Hooker menawarkan exhaust dengan menggabungkan header berdiameter 1 ¾" dan knalpot berdiameter 2". Model tersebut sangat pas dengan Harley yang masih bermesin standart.
4. 2 into 1
    2 into 1 berarti hanya ada satu knalpot yang melayani output dari 2 header. Jenis ini didesain untuk mendapatkan torsi yang lebih di putaran bawah pada mesin standar, sehingga tenaga kurang optimal pada putaran atas. Konfigurasi ini berarti seperti exhaust standar Harley yang menggunakan cross-over. Salah satu alasan orang memilih model ini dikarenakan model ini mempunyai suara dan tampilan yang keren. Pada beberapa jenis yang diproduksi ada yang dapat digonta-ganti baffle nya untuk mendapatkan suara dan tenaga sesuai selera.
5. True Duals
    Model ini kebanyakan dipakai pada Road Kings, True Duals telah populer penggunaannya pada Softails dan model cruiser yang telah di custom. Istilah Duals berarti satu saluran buang untuk satu silinder mesin, tanpa ada cross-over . Jenis ini akan menciptakan suara idle mesin yang berkarakteristik. Rinehart dan Samsons adalah dua produsen ternama yang telah kita ketahui membuat sistem True Dual untuk model Softails and Road Kings.
6. Slip-Fit Mufflers
    Model ini bisa dikatakan pilihan yang paling tepat jika kita menginginkan perubahan suara dan tenaga pada mesin standart Harley kita. Perubahan hanya pada knalpot saja, pipa header masih tetap dari bawaan motor. Karena pipa header masih tetap terpasang, maka velocity dan tenaga pada putaran rendah akan tetap tejaga. Slip-fit mufflers lebih meningkatkan flow dibanding dengan mufflers bawaan motor. Screamin' Eagle II merupakan slip-fit muffler yang lebih 'quiete' atau tidak berisik dan lebih memenuhi standart layak jalan dibanding dengan model terdahulu. Selain Screamin' Eagle yang memproduksi Slip-Fit muffler dengan kualitas bagus antara lain
Python³, Bub, dan Cycle Shack.
    Dari beberapa model di atas bisa disimpulkan, SLIP-FIT MUFFLERS merupakan pilihan paling tepat jika dilihat dari sisi 'ekonomis', jika kita menginginkan performa terbaik sistem exhaust model LONG PIPES and 2 into 1 perlu kita pilih. Sedangkan model SHORT DRAG PIPES and LARGE OPEN PIPES lebih cocok untuk meningkatkan tampilan dan suara kendaraan.
    Setelah kita telah memasang exhaust yang 'baru', jangan lupa untuk melakukan setting pada kontrol bahan bakar agar performa dari exhaust yang baru bisa terasa optimal bagi Harley Anda (sumber : harley-performance.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daniel Calvin - Menjadi Milikku