Senin, 07 Maret 2011

Harley Davidson luncurkan terbaru

Gambar
dok New York Times
Jakarta - Saat ini kita hanya mengenal produsen motor Harley Davidson saja selaku produsen motor ternama asal Amerika Serikat, kali ini ada Motus.

Produsen sepeda motor itu memperkenalkan produksi pertamanya yakni
MST-01 dan MST-R akhir pekan lalu di Detroit, AS.

Motor sport turing tersebut diklaim bakal mendobrak pasar otomotif roda dua global. Bagaimana tidak, seperti dilansir New York Times, Senin (7/3/2011) pemiliknya Lee Conn dan Brian Case sudah berani mencoba menghadirkan motor dengan mesin-mesin besar, meski umur perusahaan baru berumur 4 tahun.

Motor ini menggunakan sebuah mesin Corvette berkapasitas 1.650 cc dengan fuel injection ke tubuh MST-01. Mesin V4 ini bukanlah mesin sembarangan, sebab dapur pacu 90 derajat ini diklaim memiliki tenaga hingga 160 bhp yang mampu langsung menjadikannya sebagai monster aspal baru.

Motor ini pun diklaim sebagai motor sesungguhnya. Bentuk tubuhnya yang kekar pun sangat cocok untuk para penikmat roda dua baik di Amerika maupun di Eropa.

Hal itu tidaklah heran. Sebab motor ini ternyata mengambil basis desain dari Le Mans GT1 yang memenangkan berbagai lomba desain.

Tubuhnya dibungkus oleh fairing kecil yang berpadu dengan frame tabular yang terekspos dengan baik. Sementara box besar yang tersemat di belakang tubuh MST-01 seolah menandakan kalau motor ini tidak hanya memiliki tenaga besar, namun juga sebuah motor turing yang nyaman tapi menakutkan.

Kenikmatan berkendara penunggangnya bisa lebih terpuaskan ketika Motus menyematkan grapu Marzocchi yang dilengkapi disc breka Hayes ukuran 43 mm. Sedangkan untuk tipe R tersedia dengan sistem pengereman Brembo.

Aspek lainnya yang ditawarkan Motus adalah menghadirkan keduanya dengan direct fuel injection. Selain perfoma mesin besar, konsumsi BBM juga lebih efisien.

Berat kedua motor tersebut mencapai 520 pound. Untuk engine dan gearbox saja kurang lebih 200 pounds, di luar bahan carbon fiber pada fairing, fuel tank, dan jok.

Sementara rangkanya terbuat dari baja kuat. Tampilannya semakin ciamik dengan pelek alloy 17 inci depan dan belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daniel Calvin - Menjadi Milikku